DIRECT – INDIRECT OBJECT

Direct Object dan Indirect Object

Direct Objek atau Indirect Objek dalam bahasa inggris adalah penderita dari kata kerja (verb). Dan mereka adalah bagian dari objek. Apabila dalam suatu kelimat terdapat dua objek, maka kita dapat membedakannya menjadi dua bagian.

Sebaiknya saya gak usah menjelaskan terlalu dalam tentang perdebaan ke duanya. Sebaiknya lihat conoh kalimat di bawah

  1. I buy a flower
  2. I buy a flower to my girlfriend
  3. I buy my girlfriend a flower
Maksud dari contoh kalimat di atas adalah:
Kalimat pertama: Hanya memiliki satu objek. Dan objek tersebut adalah “a flower” dan bisa juga di sebut Direct Object
Kalimat ke dua: Terdapat dua kalimat. Maka objek tersebut dapat di bagi dua yaitu direct dan indirect objek. Direct Objeknya adalah “a flower” dan indirect objeknya adalah “my girlfriend”.
Kalimat ke tiga: Juga memiliki dua objek, yaitu direct dan indirect. Cuman perbedaannya adalah, indirect objeknya yang muncul terlebih dahulu lalu direct objeknya. indirect objeknya adalah “my girlfriend”, dan direct objeknya adalah “a flower”.

Pengertian Direct Objek

Direct objek adalah penderita langsung dari verb dan bisa saja berdiri tanpa ditemani oleh indirect objek. Berdasarkan contoh “I buy my girlfriend a flower”, kata “a flower” dapat di katakan direct objek karena menjelaskan secara langsung apa yang di beli oleh subjek “I” tersebut. Tidak mungkin kata “my girlfriend” di katakan direct objek, karena jika dia adalah direct objek maka makna kalimatnya pula akan rancu, seolah olah bermakan subjek “I” membeli pacarnya sendiri (Siapa yang mau punya pacar hasil beli, wkwkwkwk)

Pengertian Indirect Objek

Indirect Objek adalah penderita yang tidak langsung dari verb dan TIDAK dapat berdiri sendiri tanpa ditemani oleh direct objek. Contoh kalimat “I buy my girlfriend a flower”, kata “my girlfriend” dikatakan Indirect Objek karena menjelaskan untuk siapa subjek “I” membeli “a flower:” tersebut.

Leave A Comment !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s